7 Kuliner dan Rumah Makan di Belitung yang Harus Kalian Coba!

7 Kuliner dan Rumah Makan di Belitung yang Harus Kalian Coba!

Banyak orang datang ke pulau Belitung dengan niatan hendak merasakan indahnya pasir putih di sepanjang garis pantainya. tidak banyak orang tahu bahwa Belitung juga punya kuliner yang juara rasanya. Berikut merupakan kuliner yang harus kalian coba ketika menyempatkan diri berwisata di Belitung.

1. Warung Kopi Belitung benar rasanya jika memberikan nama Belitung sebagai pulau penikmat kopi. Di sepanjang jalan, banyak warung yang menjajakan kopi. Mayoritas diseduh dengan cara tradisional, menuangkan kopi bubuk ke sebuah gelas wadah, menambahkan air panas yang dimasak menggunakan arang, mengaduknya perlahan, lalu menuangkan kopi panas itu dan disaring menggunakan saringan kain agar kopi tidak memiliki banyak ampas. Saya mencoba beberapa warung kopi tetapi hanya memesan menu yang sama agar bisa memberikan perbandingan untuk kalian semua.Saya mencoba 3 warkop (warung kopi) yakni, Kong Djie, Warkop Ake, dan Warkop Atet. Warkop Kong Djie mungkin merupakan warung kopi paling terkenal di Belitung, ia sudah memiliki banyak cabang yang menyebar hingga Jakarta dan Jogjakarta. Kalau hendak ke Kong Djie, datanglah ke warung yang paling awal berdiri yaitu yang berlokasi di dekat Monumen Batu Satam, arah ke Tanjung Pendam. Saya memesan kopi susu dan telur setengah matang. di tempat ini kopinya tidak terlalu manis, malah cenderung agak ke pahit. Kopinya nendang, saat dicium, harum kopi sangat mudah merayap masuk ke rongga hidung. Untuk yang suka dengan kopi susu yang tidak terlalu manis, silakan singgah di tempat ini. Satu porsi kopi susu dan telur setengah matang dihargai Rp. 20.000 Warung kopi kedua yang kami coba dan masih berdekatan kopi Kong Djie merupakan warung kopi Ake. Lokasinya di ruko dekat dengan Monumen Batu Satam. di tempat ini, rasa kopi susunya lebih manis ketimbang yang ada di Warkop Kong Djie. Karena warungnya berlokasi di ruko, maka suasanya bersih dan rapi. Pada dinding warung, dapat kita lihat banyak artis pernah mampir menyesap kopi racikan warkop ini.Warung kopi ketiga yang saya coba dan menurut saya yang paling enak merupakan yang ini, warkop Atet. Walaupun paling enak, warung ini terletidak paling jauh diantara lainnya. Berlokasi di kota Manggar, Belitung Timur, warung ini berbentuk seperti ruko yang berdekatan dengan pasar Manggar. Menurut saya, kopi susu di tempat ini pas, seimbang antara pahit dan manisnya. Warung ini tidak pernah sepi, saat kami kesana, kursi kursi sudah dipenuhi dengan orang yang ngobrol sambil ditemani secangkir kopi hangat.

2. Mie Belitung Atep Ini mungkin kuliner yang paling populer di telinga para wisatawan yang hendak melancong ke Belitung. Kami pun mencoba mencobai mie yang sangat terkenal ini. Lokasi warungnya juga terletidak di dekat Monumen Batu Satam, berjejer mobil besar (elf) sering terlihat di depan warung ini. Banyak memang operator tur dan travel menyertakan Mie Belitung Atep di dalam itinenary para kliennya. Tempat makan ini buka di pagi - malam hari.Kami memesan mie dan es jeruk kunci. Mie belitung memiliki komposisi mie, emping, tahu, kentang, timun, udang. Komposisi tersebut lalu disiram kuah udang yang memiliki citarasa gurih. Menurut saya, ini enak ! saya pernah menjumpai mie semacam ini di Wonosobo. Menurut saya ini sekilas mirip Mie Ongklok, tapi mie onglok lebih kental dan bercitarasa manis, sedangkan mie Atep ini  lebih bercita rasa gurih.Oiya, satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu Es Jeruk Kunci. Di negara luar Indonesia, jeruk kunci ini dikenal dengan nama Kalamanchi. Konon, jeruk kunci ini memang oleh-oleh khas Belitung, tetapi Sirup Jeruk Kunci yang biasa ada di toko oleh oleh rasanya berbeda jauh dengan yang segar. Oleh karena itu, jangan lupa cobain es Jeruk Kunci yang segar ya ! biar gak nyesel nantinya.

3. Mie Ayam Batu Satam Saya sebenarnya tidak tahu nama warung ini. Alasan saya mampir ke warung ini karena waktu saya melewati Monumen Batu Satam, warung ini rame banget ! Siang harinya, kami mampir untuk mencoba. Saya memesan mie ayam bakso dan pacar saya memesan mie ayam ceker. Ceker ayamnya enak, lembut, dengan rasa manis pedas. Baksonya rasanya standar, seperti bakso kemasan, bukan bakso yang dibuat sendiri. Rekomendasi dari kami, untuk kalian yang hendak coba, lebih baik pesan mie ayam cekernya. Kami membayar Rp. 50.000 untuk 1 porsi mie ayam ceker, 1 porsi mie ayam bakso, 1 porsi ceker, 2 esteh.


4. RM. Pohon Ketapang Gangan, kuliner Belitung yang terkenal, kan? Saya kemarin sempat bingung untuk memilih makan gangan dimana ya? Banyak restoran menyajikan gangan tetapi membuat saya bingung karena terlalu banyak pilihan. Oleh karena itu, saya meminta rekomendasi teman saya yang berasal dari Belitung. Menurut dia, untuk kuliner seafood kami direkomendasikan untuk pergi ke RM. Pohon Ketapang. Rumah makan ini berlokasi dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang.Kami akhirnya mampir ke rumah makan ini setelah kami selesai island hopping ke 3 pulau. Kami memesan 1 ikan berukuran 1kg untuk dimasak menjadi 2 masakan. Kepala ikan dimasak gangan dan badan ikan dibakar dengan bumbu bendera (pedas & manis). Kami juga memesan kangkung belacan. Nikmat sekali ! itu yang kami rasakan. Gangan ternyata memiliki rasa pedas, manis, asam yang segar. Nikmat sekali jika dicampur dengan nasi hangat. Ikan bakarnya lezat, aroma asap bakaran sangat tercium di setiap suwiran daging ikan bakar tadi. Aromanya meresap dengan sangat baik. tidak boleh dilewatkan juga kangkung belacannya, kangkungnya renyah dengan bumbu yang nendang serta berasa, rasa gurih dari belacan dapat dengan jelas kita rasakan. Soal harga, 1 ikan 1 kg, nasi 2 porsi, minum 2 gelas, 1 kangkung belacan dikenai harga Rp. 120.000.

5. Mie Ayam Siu Mie Pindah ke kota Manggar, ini kuliner yang HARUS HARUS HARUS DICOBA ! Terkesan seperti terlalu heboh ya, lebay ! tapi ini enak banget. Saya pribadi kasih ini nilai 10/10. Kami pesan mie ayam pangsit dan mie ayam bakso. AH, bener deh, ini mie bangka paling enak yang pernah saya makan. Ibunya juga ramah banget, saya dikasih tau tempat tempat keren di daerah Manggar. Harganya untuk dua mie ini dan dua minum air putih Rp. 44.000. ENAK BANGET. GAK USAH DIJELASIN LAGI LAH !


6. RM Timpo Duluk Nah, ini juga tempat makan yang populer. Banyak artis pernah makan di tempat ini. Nama rumah makan ini Timpo Duluk. Kuliner yang ditawarkan di tempat ini merupakan masakan otentik Belitung. Kalau tidak salah RM. Timpo Duluk ini juga ada di barisan teratas review tempat makan di Trip Advisor loh. Kami memesan berego, kangkung belacan dan tenggiri bungkus daun simpor. Berego ini mirip dengan kwe tiaw tetapi ukuran mie nya dua sampai tiga kali lebih besar, lalu untuk menikmatinya kita harus menyiramkan kuah kuning santan dengan ikan. Rasanya gurih dan asin.Menurut saya yang enak di tempat ini merupakan tenggiri bungkus daun simpornya. Unik, otentik dan ternyata lezat juga ! Rempah-rempahnya berasa dan masuk hingga ke dalam daging tenggiri. Sebenarnya, best seller di tempat ini merupakan menu bedulang, untuk berdua dan berempat tapi kami tidak memesan itu karena menipisnya uang kami hehehe...

7. Suto Belitung Mak Jannah Terakhir ya, Suto Belitung Mak Jannah. Lokasinya bersebelahan dengan Warkop Ake, dekat dengan Monumen Batu Satam. Suto ini isinya lontong, soun, emping, daging sapi, disiram kuah santan gurih. Cocok untuk sarapan karena walaupun terbuat dari santan, tapi rasa kuahnya light gak kenceng, atau berat berminyak. Lebih mantap lagi kalau makan suto ini ditemani dengan kepiting isi, terasa makin gurih !


belitungjourney